PERAN INDONESIA DAN GENERASI MUDA BANGSA

Indonesia sebagai negara yang berpartisipasi pro-aktif dalam pengambilan kebijakan internasional dan turut mengkhawatirkan dampak perubahan iklim, tentu tidak tinggal diam menyikapi isu perubahan iklim. Pada tahun 2021 lalu, Indonesia menjadi Co-Chair Forest, Agriculture, and Commodity Trade (FACT) Dialogue dalam rangkaian KTT Perubahan Iklim bersama Inggris. Tahun 2022 ini, melalui presidensi G20, Indonesia kembali mengukuhkan dedikasinya untuk mengatasi persoalan perubahan iklim, utamanya dengan mengusulkan kebijakan-kebijakan strategis yang mendukung transisi energi, pengamanan akses energi, memajukan teknologi hijau dan ramah lingkungan, serta mengoptimalkan pendanaan energi bersih.

 

Dedikasi Indonesia terhadap penyelesaian persoalan perubahan iklim menjadi legitimasi atas kepemimpinan global Indonesia dan perannya sebagai climate superpower di dunia. Hal tersebut tidak hanya menjadi tanggung jawab pemangku kepentingan, melainkan juga generasi muda sebagai pemilik masa depan Indonesia.

 
Muda Bersuara - Logo Variation.png

MUDA BERSUARA 2022

Dewasa ini, perubahan iklim menjadi satu spektrum diskusi global yang masif diperbincangkan. Dampaknya yang multi-dimensi dan signifikan terhadap ketidakseimbangan lingkungan, kualitas hidup, stabilitas sosial-ekonomi, serta tatanan politik global, membuat isu perubahan iklim perlu dihadapi lebih serius. Oleh karena itu, setiap pihak dituntut memiliki komitmen yang konkrit, progresif, dan lebih ambisius untuk mengatasi segala persoalan terkait perubahan iklim.

Sekitar 68 juta pemuda akan menjadi generasi penerus bangsa di masa depan. Suara dan aspirasi mereka pada isu iklim yang berdampak bagi kita semua harus didengar. Maka dari itu, kami percaya bahwa peran pemuda Indonesia sangat penting dalam mempromosikan dan memajukan aksi iklim yang lebih responsif, serta meningkatkan kesadaran publik terhadap isu iklim.

Kini saatnya generasi muda Indonesia berkomitmen dan mengambil aksi kolektif untuk atasi perubahan iklim demi menyongsong Indonesia Emas 2045!

CONFIRMED SPEAKERS MUDA BERSUARA 2022

 

HARI 1

KAMIS, 29 SEPTEMBER 2022

Sesi Pembukaan oleh Dr. Dino Patti Djalal

13.30–13.45 WIB

A World with Net Zero Emissions: Apa, Mengapa, dan Bagaimana?

Talkshow

13.45–14.45 WIB

Transisi Menuju Energi Bersih dan Berkelanjutan

Diskusi Panel

14.55–15.55 WIB

Menghijaukan Ekonomi Indonesia: Solusi Pencapaian Target Net Zero Emissions

Diskusi Panel

16.05–17.05 WIB

HARI 2

JUMAT, 30 SEPTEMBER 2022

Global Cooperation for Raising World Climate Ambitions

Diskusi Panel - Sesi dalam Bahasa Inggris

09.30–10.30 WIB

Menjadi Pahlawan Iklim: Peran Civil Society dalam Mendorong Aksi Politik untuk Iklim

Diskusi Panel

10.40–11.25 WIB

CDW22.png

EU Climate Diplomacy Week 2022


Ambassadors - Youth Dialogue:
“Advancing EU - Indonesia Actions on Climate, Nature, and Biodiversity”

Townhall

16.00–18.00 WIB

 

REGISTRASI

CDW22.png

EU Climate Diplomacy Week 2022


Ambassadors - Youth Dialogue:
“Advancing EU - Indonesia Actions on Climate, Nature, and Biodiversity”

Townhall

16.00–18.00 WIB

Muda Bersuara - Primary Logo - White.png

Muda Bersuara 2022

Kamis - Jumat, 29 - 30 September 2022